Kamis, 15 Juli 2010

Kegiatan ekonomi di Indonesia

usaha dalam bidang ekonomi

Manusia melakukan usaha atau bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kebutuhan manusia antara lain kebutuhan makan, minum, pakaian, pendidikan, kesehatan, hiburan dan rekreasi.

a. jenis-jenis usaha perekonomian masyarakat

jenis-jenis usaha perekonomian masyarakat dapat di bedakan menjadi empat, yaitu agraris, industri, perdagangan dan jasa.

· Agraris, merupakan usaha yang menghasilkan bahan pangan yang langsung dapat dikonsumsi. Misalnya: padi,jagung, umbi-umbian, sayur-sayuran, buah-buahan, daging, ikan dan susu.

· Industri, kegiatan mengolah suatu barang menjadi barang baku atau barang jadi. Bahan baku adalah barang yang dapat diolah, sedangkan barang jadi adalah barang hasil olahan. Missal: bahan baku bambu dan rotan, barang jadi tikar, kursi, meja, keranjang.

· Perdagangan, kegiatan membeli barang kemudian menjualnya tanpa mengolah barang tersebut. Kegiatan yang termasuk usaha dibidang perdagangan yaitu pedagaang bahan pangan, pedagang perhiasan, pedagang hewan, dll.

· Jasa, merupakan suatu usaha yang kegiatannya menitik beratkan pada pelayanan terhadap konsumen. Missal, dokter memeriksa pasien, satpam menjaga keamanan, guru mengajar di kelas, dll.

2. pengelolaan usaha

Proses pengelolaan usaha dapat dilakukan oleh perorangan maupun kelompok

a. usaha yang dikelola perorangan

· Usaha pertanian, petani padi, petani jagung, petani sayuran, dll.

· Usaha industri, apabila dilakukan sendiri/ perorangan, maka usaha ini digolongkan sebagai industri rumah tangga.

· Bidang perdagangan, seperti toko, warung, pedagang kaki lima, pedagang asongan, pedagang keliling.

· Bidang jasa, seperti salon/ tukang cukur, dokter praktik, sopir, bengkel, tukang jahit, dll.

Kelebihan dari usaha perorangan antara lain:

Ø Semua keuntungan dimiliki sendiri

ØRahasia perusahaan lebih terjamin

ØPemilik dapat mengambil keputusan dengan cepat

Kekurangan dari usaha perorangan, antara lain:

ØKemampuan tenaga kerja dan modal terbatas

ØKesinambungan usaha kurang terjamin

ØSemua tanggung jawab dan resiko usaha ditanggung sendiri

b. usaha yang dikelola kelompok

bentuk usaha yang dikelola secara kelompok antara lai:

· Firma ( Fa/ perusahaan persekutuan)

Firma merupakan badan usaha yang didirikan oleh beberapa orang, biasanya firma didirikan oleh anggota keluarga atau orang yang berteman akrab dan saling percaya

· Persekutuan komanditer (CV)

CV memilki 2 macam anggota yaitu:

- anggota aktif bertanggung jawab penuh dengan mempertangung jawabkan seluruh kekayaannya.

- Anggota pasif tanggung jawabnya terbatas pada sejmlah modal yang ditanamkan dalam persekutuan komanditer

· Koperasi

Koperasi adalah usaha bersama yang merupakan organisasi dengan cirri khas kekeluargaan. Tujuan utamma koperasi adalah meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat.

Rapat anggota merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi. Rapat anggota diadakan paling sedikit sekali dalam satu tahun. Di Indonesia perkoperasian diatur oluh UU no. 25 tahun 1992 yaitu undang-undang tentang perkoperasian. Modal koperasi diperoleh dari anggota berupa simpanan pokok dan simpananwajib. Macam-macam koperasi antara lain: koperasi unit desa (KUD), koperasi pegawai negeri (KPN), koperasi serba usaha (KSU), koprasi sekolah.

· Badan usha milik Negara ( BUMN)

Perusahaan yang seluruh modalnya dimiliki oleh Negara. Tujuan utamanya untuk melindungi kepentingan umun. Perusahaan milik Negara dipimpin oleh direksi. Direksi bertanggung jawab kepada menteri departemen yang berkait dengan perusahaan tersebut, misalnya: direksi PT Kereta Api bertanggung jawab kepada menteri perhubungan, direksi perum pegadaian bertanggung jawab kepada menteri keuangan.

Perusahaan yang termasuk BUMN antara lain: PT Telekomunikasi ( PT Telkom), Perum Pegadaian, PT PLN (Persero), PT Pos Indonesia, PT Tambang Timah, PT Kereta Api.

Perusahaan Negara atau BUMN digolongkan menjadi 3 jenis:

1. perusahaan jawatan( perjan)

perusahaan Negara yang bertujuan memberikan pelayanan kepada masyarakat, bukan semata-mata mencari keuntungan.

2. perusahaaan umun( perum)

perusahaan Negara yang seluruh modalnya diperoleh dari kekayaan negara

3. perusahaan perseroan atau persero

perusahaan Negara yang modalnya terdiri dari saham-saham. Tujuan perseroan terbatas adalah mencari keuntungan. Hal utama yang dilakukan agar terjadi keharminisan dalam masyarakat dengan cara: memelihara kejujuran dalam setiap kegiatan, memberikan kepercayaan kepada orang lain, menepati janji yang telah disepakati, memelihara hubungan yang saling menguntungkan.

3. kegiatan ekonomi di Indonesia

Kegiatan ekonomi ini meliputi:

1) kegiatan produksi produsen

produksi adalah kegiatan untuk menghasilkan barang dan jasa. Produsen adalah orang/ kelompok yang melakukan kegiatan produksi.

2) kegiatan distribusi

distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen melalui proses jual beli. Distributor adalah orang yang melakukan kegiatan distribusi, kegiatan ini dapat berlangsung antarwilayah, antarprovinsi, dan antarnegara.

3) kegiatan produksi

konsumsi adalah suatu kegiatan yang memakai atau menghasilkan barang untuk memenuhi kebutuhan. Konsumen adalah orang yang melakukan kegiatan konsumsi.

4. cara mencintai barang produk dalam negeri

Kegiatan yang menghasilkan barang tidak hanya dilakukan industri besar, tetapi dilakukan pula oleh industri kecil. Hasil industri ada yang sengaja dibuat untuk dijual ke luar negeri. Hal ini berarti bangsa asing pun menghargai kemampuan bangsa Indonesia. Salah satu cara untuk menunjukkan bahwa kita bangga dengan buatan bangsa Indonesia adalah dengan selalu membeli dan memakai barang-barang buatan dalam negeri.

Ada beberapa cara untuk mencintai barang-barang produsi dalam negeri yaitu:

- lebih memilih makan makanan Indonesia

- memakai pakaian buatan Indonesia

- menggunakan barang atau hasil produksi Indonesia

- ikut mempromosikan barang-barang hasil produksi Indonesia melaluipameran dalam negeri dan luar negeri

- mencegah masuknya barang impor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar